Tantangan dan Perjuangan

agi yang baca serial Inheritance tentu tahu Eragon menghadapi tantangan dan berjuang sejak telur Saphira menetas. Yah, sekarang gue ikut berjuang bersama Eragon. Buku ketiga Inheritance Cycle ini sudah terbit, berjudul Brisingr, dan gue mendapat kesempatan untuk menerjemahkannya. Senang? Tentu saja! Karena gue menganggap serial ini menarik. Tapi juga penuh tantangan dan perjuangan.

Pertama-tama, Eragon dan Eldest diterjemahkan oleh orang lain, dan gue tidak pernah baca versi Indonesia-nya. Perlu usaha untuk ‘menyamakan kedudukan’ dengan penerjemah terdahulu.

Kedua, butuh referensi dari hasil terjemahan dua buku sebelumnya untuk menyamakan istilah terjemahan. Dan ini agak menghambat kelancaran penerjemahan, karena dua buku sebelumnya pun tebal-tebal dan gue harus mencari kata demi kata pada setiap halamannya!

Ketiga, Paolini gemar sekali menggunakan huruf mati untuk nama-nama benda, makhluk, barang, dan sebagainya. Butuh kejelian mata dan jari-jari agar tidak tertukar antara satu huruf mati dengan huruf mati berikutnya. Belum lagi simbol-simbol huruf yang jarang dipakai. Honestly, gue nggak mengerti sama sekali bagaimana mengeja sebagian besar kata-kata ini.

Keempat, Paolini berusaha menggunakan kalimat-kalimat puitis dalam mendeskripsikan sesuatu, dengan analogi atau perandaian yang sama sekali tidak lazim, sehingga gue perlu berjuang untuk meng-Indonesia-kannya agar tidak jadi cheesy. Let’s face it, ini buku untuk young adult!

Kelima, Brisingr hampir setebal 800 halaman! Dengan tulisan sekecil-kecil semut mini.

Other than that, well, it’s a nice book *grins* Hanya saja, yang menunggu edisi terjemahan harus sangat bersabar, karena tampaknya tugas ini akan menguras tenaga gue sampai titik keringat penghabisan. Maka, setelah terbit nanti, complimentary copy buat gue bakal gue timang-timang penuh sayang, karena mungkin buku ini adalah perjuangan paling berat yang pernah gue rasakan…dan betapa sedihnya gue andaikan nanti ada yang menganggap terjemahannya jelek. Hiks, bayangkan betapa besar beban buat gue meneruskan pekerjaan orang lain, dan serial ini ngetop pula!

Leave a Reply

